Buka Puasa Bareng Buki

“Assalamu’alaikum.. Halo Bu Maya.”

“Wa alaikum salam. Halo Buki, selamat datang kembali di Al Qi,” terang pengurus Panti Asuhan Akbar Al-Qi, Ibu Maya menyapa Krucil Buki. Sekitar jam 3 sore, Krucil langsung mempersiapkan diri untuk menghelat acara buka puasa bareng di sebuah ruangan berukuran 30 meter persegi. Dipandu Kak Citra dan Kak Cuy yang lebih dulu tiba di lokasi, Buki merakit rak buku yang dibawa sebagai donasi buat adik-adik di panti. Setelah itu, puluhan buku ditata ulang untuk melengkapi perpustakaan mini di ruangan tersebut.

Sementara menunggu Krucil lainnya tiba di lokasi, adik-adik dan Krucil pun menyempatkan salat berjamaah ashar di musala yang masih dalam tahap pembangunan. Panti Al-Qi sekarang lebih luas dan sedang tumbuh menjadi kebanggaan baru adik-adik yatim dan dhuafa di Bogor dan sekitarnya. “Nama lengkapnya Panti Akbar Al-Qi. Tapi umumnya orang lebih menghapal Al-Qinya saja,” tutur Bu Maya. Jam 5 sore, acara pun siap dimulai.  

Sedikitnya 80 adik-adik hadir menyambut kunjungan buki yang keempat kalinya itu. Dibuka oleh Kak Ocha dan Kak Ari sebagai MC baru Krucil, adik-adik diajak memompa semangat dengan yel-yel seru.

Berurut-turut acara kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Quran dari adik panti, sambutan Kak Ali mewakili Buki tentang pentingnya membaca, dan ucapan terima kasih dari Bu Maya. Ngabuburit makin seru dengan kehadiran Krucil baru yang mengisi acara dongeng “Hewan Rimba di Bulan Ramadan”.

Gelak tawa hadir dari adik-adik pada sesi yang dipandu Kak Ika ini. “Kita harus tetap berpuasa meski lupa sahur,” ucap Kak Ika yang berperan sebagai Bu Guru Gajah. Waktu terus berjalan, keriangan masih membahana di ruangan. Meski perut sudah keroncongan, namun Krucil dan adik-adik makin bersemangat. Apalagi saat bermain “Tantangan Ramadan” dari Kak Icha.

Sementara di tengah ruangan riuh, di sudut lainnya beberapa Krucil terlihat sibuk sedang menyiapkan takjil buka puasa. Oh iya, waktu buka pun hampir tiba.

5 menit jelang adzan berkumandang, adik-adik sudah rapi berbaris menunggu takjil yang dibagikan Krucil. Asik sekali melihat mereka bergembira hari ini bareng Buki. Kapan-kapan kita main lagi ya! Dan acara penuh berkah itu pun diakhiri dengan penyerahan sembako dari Krucil, lantas ditutup dengan wefie.

Buki_featured_bukber