#Buki6erbagi: Kebahagiaan di Kampung 99 Pepohonan

#buki6erbagi adalah tema yang dipilih dalam rangkaian perayaan ulang tahun Buku Berkaki yang ke-6 tahun ini. Buku Berkaki adalah sebuah komunitas sosial non-profit yang berfokus pada penyediaan bahan bacaan yang berkualitas untuk anak-anak di daerah marjinal dan daerah tertinggal di Indonesia.

Komunitas ini mengusung konsep ‘Perpustakaan Keliling’, yaitu akan meminjamkan buku-buku koleksinya dari satu tempat binaan (lapak pemulung, panti asuhan, rumbel, rumah singgah) ke tempat binaan yang lain secara rutin melalui kegiatan yang diberi nama Visit Buki.

Selain meminjamkan buku, kakak krucil (sebutan untuk volunteer Buki) juga akan mengajak adik-adik untuk membaca bersama kemudian Buki juga memperkenalkan “Tabungan Buki”, yaitu catatan dan ringkasan dari buku yang telah dibaca oleh adik-adik. Lewat Tabungan Buki dapat dilihat adik-adik yang rajin membaca, yaitu ditandai dengan banyaknya jumlah ceklist pada kertas tabungannya.

Nah, sebagai hadiah untuk 6 adik-adik yang paling rajin membaca dari masing-masing rumbel, akan diajak untuk ‘liburan’ dan bersenang-senang bersama kakak krucil buki pada puncak rangkaian perayaan ulang tahunnya.

Minggu (15 Okt 2017) kemarin, dalam puncak perayaan ulang tahun buki yang diadakan di Kampung 99 Pepohonan, #buki6erbagi kebahagiaan dengan adik-adik terpilih dari 10 Rumbel binaan Buku Berkaki, yaitu dengan total 60 adik-adik, 10 pendamping dan 50 kakak krucil.

Kebahagiaan seperti apa ya yang akan kita dapatkan selama seharian ini?

Pemeriksaan kesehatan

Kegiatan pertama yang dilakukan setelah adik-adik dan kakak pendamping dari masing-masing Rumbel sampai di lokasi adalah absensi, pembagian name tag dan kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Kampung 99 Pepohonan. Wah adik-adiknya semangat dan antusias loh ngelihatin kakak-kakak medisnya pakai stetoskop.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyuluhan bahaya narkoba dari BNN Depok dan Geranat (Gerakan Nasional Anti Narkoba), penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada adik-adik dan para pendamping tentang bahaya narkoba yang selalu mengintai mereka. Terlebih lagi, sebagian besar adik-adik tumbuh di lingkungan marhinal Ibukota yang menjadi sasaran empuk pengedaran dan penyalahgunaan narkoba dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Setelah penyuluhan, kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok berdasarkan nama-nama hewan yang ada di name-tag adik-adik. Tujuan dari pembagian kelompok ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada adik-adik untuk berkenalan dan bersosialisasi dengan teman-teman dari rumbel yang berbeda.
Pembagian kelompok ini semakin riuh karena untuk menemukan anggota kelompoknya, hanya diperbolehkan menggunakan suara binatang tersebut. Misalnya untuk kelompok sapi hanya boleh bersuara MOOOOooo… dan lain-lain. Wah serunya!

6 kelompok sudah terbentuk dengan pendamping dari masing-masing rumbel dan kakak krucil telah siap untuk bersenang-senang hari ini. YEAY!

Pos pertama adalah memanen sayur kangkung. Eits.. tapi untuk mencapai ladang kangkungnya, kita harus menyeberangi jempatan bambu terlebih dahulu loh. Hiii serem, tapi adik-adiknya pemberani ya. Wah Keren!!

Diseberang sana ternyata ladang kangkungnya sudah siap dipanen, dan hasil panennya boleh dibawa pulang loh. Asyik, bisa buat ibu dirumah nih buat bikin tumis sayur. Nyam..nyammm…
Selain ada penjelasan langsung dari bapak petaninya tentang cara menanam, merawat dan memanen kangkung, di pos ini adik-adik juga diberikan tantangan berupa games dari kakak Krucil.
Setiap kelompok harus menyebutkan nama-nama sayur, kelompok yang paling banyak menyebutkan dan benar akan memperoleh poin terbesar yang nanti akan ada hadiah di akhir acara. Wah seru banget ya, belajar sambil bermain di ladang seperti ini.

Setelah istirahat makan siang dan sholat, kegiatan dilanjutkan ke Pos Kedua yaitu, melihat pengolahan susu menjadi berbagai produk olahannya, seperti susu pateurisasi, yogurt dan keju.
Proses pengolahan susu dijelaskan langsung oleh Ibu pengurusnya, namun sayangnya kita tidak boleh masuk ke ruang produksi karena ruangannya harus bersih dan hanya petugas saja yang boleh masuk. Tapi adik-adik sangat antusias sekali mendengarkan semua penjelasan dari ibu pengurusnya, apalagi ketika ibu bilang kalau sudah disiapkan susu pasteurisasi gratis untuk adik-adik semuanya. Asyiikkkk!!!

Penjelasan proses pengolahan susu pasteurisasi
Penjelasan proses pengolahan susu pasteurisasi

Meskipun sudah siang ternyata adik-adik masih tetap bersemangat. Wah hebat, ya. Yuk kita lanjut! Sampai nih di Pos Ketiga, adik-adik diajak memberi makan ikan yang ada di kolam. “Wah ikannya banyak banget ya kak!”

Nah setelah puas memberi makan ikan, pos selanjutnya adalah Pos Keempat yaitu, memberi makan Kambing dan Sapi. “Wah, sapinya gede banget kak!”, “Oh jadi sapi itu gak cuman ada pas hari raya kurban aja ya kak?”. Kira-kira itulah beberapa pertanyaan yang pertama terlontar dari adik-adik ketika melihat sapi, melihat raut wajah adik-adik yang sedikit takut tapi penasaran. Seru banget ya ternyata melihat hewan-hewan ini secara langsung. Adik-adiknya juga antusias sekali meskipun capek karena cuaca yang panas hari ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan dongeng dari pendongeng favorit Bunda Sofie dan kakak-kakak dari Kado Taman Jagakarsa. Tapi sebelumnya, kita minum yang seger-seger dulu ya, apalagi kalau bukan es krim. Yeay!! Dongeng dari bunda Sofie memang seru banget, adik-adik sampai keasyikan mendengarkan dan ikut bernyanyi dan menari bersama.

Setelah mendengarkan dongeng, acara dilanjutkan dengan games kelompok. Ada dua games puzzle, yang pertama adalah Puzzle Sapi karena tadi kita sudah ngasih makan sapi dan melihat langsung proses pengolahan susu sapi. Sedangan puzzle yang kedua adalah, Puzzle Buku yang harus disusun agar dapat menjawab pertanyaan yang ada di dalam buku yang dimaksud. Kelompok tercepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan kan mendapatkan poin tertinggi. Poin ini kemudian diakumulasi dengan poin-poin pada pos-pos sebelumnya, nah ada 3 orang kelompok dengan poin tertinggi yang akan mendapat hadiahnya.Meskipun hari sudah sore, namun adik-adik tetap semangat loh!

Acara kemudian ditutup dengan minum susu bareng dan tak lupa berfoto bersama, serta pembagian bingkisan kepada adik-adik. Wah, meskipun hari ini capek tapi seru banget kegiatannya. Semoga dengan kegiatan pengenalan alam (tumbuhan dan hewan) secara langsung kepada adik-adik akan menambah semangat belajar mereka. Terimakasih adik-adik dan kakak-kakak pendamping dan krucil, sampai jumpa di visit buki ya!

Sekali lagi, selamat ulang tahun Buku Berkaki yang ke-6 #buki6erbagi. Semoga bisa terus berbagi kebaikan ke seluruh Indonesia!

-Postingan asli dari blognya Kak Ocha

Intip video keseruannya yuk!