Kemeriahan Pesta Anak Merdeka

Tak hanya melangkah ke lapak pemulung dan panti asuhan, kali ini Buki melangkah ke mal!
Sabtu, 22 Agustus 2015, Buki diajak Yayasan Belantara Budaya mengisi sudut baca di acara Pesta Anak Merdeka. Acara yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, diselenggarakan di FX Sudirman.
Pukul 7.30 saya sudah tiba di FX Sudirman, tak lama kemudian datang Kak Citra, Kak Ilsya dan Kak Lana. Kami bergegas membawa barang-barang menuju lokasi di lantai 3. Begitu tiba di booth, ternyata masih gelap! Segera kami menata buku-buku dan peralatan di sudut baca. Ketika kami sibuk beres-beres, datanglah Kak Tiwi. Alhamdulillah, tambah orang lagi berarti pekerjaan kami bisa cepat selesai.

pm_1

Hampir pukul 9.00 sudah banyak adik-adik yang datang. Awalnya mereka malu-malu menghampiri sudut baca, tapi beberapa menit kemudian mereka sudah asyik bermain puzzle yang sudah disiapkan krucils. Bukan hanya puzzle yang diserbu adik-adik, beberapa buku pun mereka pilih untuk dibaca. Beberapa adik kecil tampak hanya sibuk membolak-balik halaman buku. Dengan sigap, kak Citra mengambil buku tersebut, kemudian membacakannya di depan adik-adik. Makin lama makin banyak adik yang berkerumun di sekeliling kak Citra. Celotehan lucu mereka membuat krucils tertawa.

pm_3

 

Sambil menunggu acara lomba dimulai, adik-adik semakin banyak yang menyambangi sudut baca Buki. Ada yang membaca, bermain puzzle, mewarnai gambar, ada juga yang hanya memperhatikan temannya bermain puzzle 😀 Acara Pesta Anak Merdeka ini diadakan dua lomba, yaitu lomba fashion show pakaian daerah, dan lomba tari tradisional. Mereka tampak lucu dan menggemaskan dengan pakaian adatnya. Ada yang sambil pegang botol susu menunggu tampil, dan ketika akan dipanggil dia malah tertidur hihihi… Kurang lebih ada 60 peserta lomba peragaan busana, dan 6 peserta lomba tari tradisional. Sebelum pengumuman pemenang lomba, ada dongeng juga dari MC.

 

Tiba saat pengumuman pemenang lomba. Kabar gembira datang dari adik-adik Rumah Belajar Rawamangun. Mereka meraih juara kedua lomba tari tradisional, karena kompak dan luwes dalam menari tarian khas Aceh Bungong Jeumpa. Oiya Rumah Belajar Rawamangun adalah sebuah rumah belajar asuhan Kak Triana, salah satu krucil baru yang membantu Buki pindahan ke Museum Kebangkitan Nasional, 1 Agustus lalu. Selain belajar pengetahuan umum mereka juga belajar berkesenian. Wah seru! Sepertinya Buki akan mampir ke Rumah Belajar Rawamangun nih, nanti. Tetap semangat adik-adik!

When a books walks a dream works.