Ketika Koleksi Buki Jalan-jalan ke Cikoneng

“If we all do one random act of kindness daily. We just might set the world in the right direction.” – Martin Kornfeld

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada teman-teman dari Komunitas Buku Berkaki (BUKI) yang telah turut mendukung terlaksananya kegiatan #SHARETIONERY dengan mengirimkan paket buku-buku bacaan untuk perpustakaan di SDN Cikoneng, Kp. Cikoneng, Desa Tugu Utara, Kec. Cisarua Kabupaten Bogor. Tentunya buku-buku yang sudah dikirim, sangat berguna untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pembaharuan informasi bagi adik-adik yang bersekolah di Sekolah Dasar tersebut.”

Cikoneng_2

Demikian kutipan ucapan terima kasih dari komunitas Teman Berbagi dalam rangka kegiatan #SHARETIONERY. Kegiatan #SHARETIONERY (Share Stationery), seperti yang telah saya ketahui adalah kegiatan perdana komunitas Teman Berbagi di awal tahun 2016. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan mengumpulkan buku dan alat tulis untuk diberikan kepada adik-adik usia sekolah yang membutuhkan, guna menunjang aktivitas belajar mereka. Kegiatan yang dimaksudkan untuk awal silaturahmi Komunitas Teman Berbagi dengan “teman-teman” yang lain, diharapkan mampu membantu masalah sosial maupun pendidikan di Indonesia.

Cikoneng_3

Keterlibatan Buku Berkaki dalam kegiatan #SHARETIONERY dimulai dari informasi yang diberikan oleh salah satu pengurus Buki, yaitu Kak Citra. Ia mengetahui kegiatan tersebut melalui pesan berantai di media sosial dan e-flyer yang tersebar. Jajaran pengurus Buki pun sepakat untuk turut terlibat. Terlahirlah satu kesepakatan bahwa sebagian koleksi buku di Perpus Buki akan “jalan-jalan” ke Sekolah Dasar di kawasan Bogor itu.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2016 kemarin, tidak hanya sekedar memberikan donasi untuk adik-adik disana, namun juga  menyuguhkan beberapa acara menarik dan tentunya berkesan. Terlihat dari ulasan serta foto-foto yang diabadikan dan sengaja dikirim melalui email oleh salah satu pengurus Teman Berbagi, yaitu Kak Vani kepada Buki. Dimulai pukul 07:00 waktu setempat dengan berkumpul terlebih dahulu dan dilanjutkan acara senam bersama. Senam dilaksanakan di lapangan SD Cikoneng dan dipandu oleh Kakak-kakak Teman Berbagi. Walaupun cuaca sedikit berkabut, namun adik-adik terlihat antusias mengikuti gerakan senam. Mereka berbalut seragam olahraga bernuansa oranye dan putih.

Cikoneng_5

 

Nah, salah satu yang menarik dari #SHARETIONERY adalah  sesi games yang dirancang oleh Kakak-kakak Teman Berbagi. Pukul 09:00 waktu setempat dan berdurasi satu jam, sesi ini dimulai dengan permainan sarung. Adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok dan mereka harus berdiri sejajar menyamping. Cara bermainnya adalah mereka harus bergandengan tangan dan meloloskan sarung dari satu badan ke badan lainnya. Disini adik-adik dituntut untuk bekerja sama dalam tim. Tingkat kecepatan memindahkan sarung sangat diperhitungkan, karena yang tercepat akan menjadi pemenang. Sesi games dilanjutkan dengan permainan tali tambang dan sendok & kelereng. Sesi ini mengundang keseruan dan gelak tawa adik-adik.

Dikarenakan hujan turun, acara selanjutnya pindah ke salah satu ruang kelas. Berikutnya sesi tanya jawab dilakukan, adik-adik yang bisa menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah. Hujan reda, acara pun dilanjutkan di lapangan dengan pembagian bingkisan yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Disusul dengan pembagian donasi paket alat tulis, alat kebersihan dan buku-buku bacaan. Adik-adik terlihat tertib mengantri pada saat sesi pembagian tersebut.

Cikoneng_9

Acara selanjutnya juga tidak kalah seru, yaitu “Pemukulan” pinata. Keriuhan terjadi saat pinata itu pecah. Adik-adik berebut mengambil permen yang berjatuhan ke tanah. Semua orang terlihat senang dan bahagia. Acara dilanjutkan kembali dengan foto bersama. Adik-adik SD Cikoneng dan Kakak-kakak Teman Berbagi berpose bersama sebagai kenangan yang tidak akan pernah mereka lupakan. Acara ditutup dengan kegiatan outdoor, bermain bebas dan sepak bola. Sesekali mereka bersenda gurau.

Walaupun Buku Berkaki tidak terjun langsung untuk membantu memeriahkan #SHARETIONERY dikarenakan ada #VisitBuki ke tempat lain. Tetapi pastinya pihak Buki berharap, semoga buku-buku paket bacaan yang sudah didonasikan kemarin bisa bermanfaat untuk adik-adik di SD Cikoneng. Dan saya berharap semoga semakin banyak komunitas yang berkenan untuk saling berkolaborasi dalam kebaikan. Supaya akan lebih banyak lagi “adik-adik” yang mendapatkan bantuan di bidang pendidikan maupun sosial.