Mengapa Ada Buki?

Latar Belakang

Kenapa dipinjam dan tidak diberikan?

Ini bukan pelit loh, ya. Tapi justru biar mereka lebih banyak melahap bacaan dengan koleksi yang terus diperbarui. Selain itu, seperti nama gerakan ini, buku-buku ini akan berjalan-jalan dari pantike panti sehingga semua anak bisa menikmatinya. Tentunya akan ada buku-buku yang diberikan sebagai hadiah untuk anak yang berprestasi.

Apa sih tujuannya #Buku Berkaki?

Sebelumnya nanya dulu, nih (nanya malah balik nanya, ya hehehe) sebulan kamu punya budget khusus gak buat beli buku? Hari gini buku berasa masih mahal nggak? Itu dia, buat kita aja buku masih terasa gak murah, apalagi buat anak-anak panti asuhan. Nah, gak pengen kan mereka jadi anak panti yang kurang informasi? Hari gini, orang akan berkarya  lebih baik kalau akses terhadap informasinya terbuka lebar. Karena gak semua panti punya akses internet marilah kita mulai dari bacaan yang juga sarat informasi. Mulai dari gemar membaca. Bukankah buku ada jendela ilmu (mungkin internet adalah pintu atau cerobong asap hehehe).

Siapa sasaran #BukuBerkaki?

Sasarannya anak-anak panti asuhan usia balita sampai dengan usia SMA. Ke depannya kalau lancar pengen juga mampir ke rumah singgah yang sudah terkoordinasi biar anak jalanan juga bisa menikmati bacaan.

Harus buku, ya?

Nggak juga. Intinya sih bacaan. Bentuknya bisa buku, novel, buku pelajaran, komik, atau majalah. Yang penting nggak mengandung SARA dan pornografi.

Kalau mau sumbang buku untuk #BukuBerkaki gimana caranya?

Gampang banget. Buku bisa dipaketkan ke:

  •  Perpustakaan Buku Berkaki/Museum Kebangkitan Nasional Jl. Abdul Rachman Saleh  No. 26, Senen, Jakarta 10410

Atau, tunggu kami yang akan buka drop spot di beberapa tempat umum. Biasanya kami akan publish via Twitter or Facebook.

Nggak punya buku tapi pengen banget ikutan #BukuBerkaki, gimana, dong?

Niat baik selalu aja nemu jalannya, masbro.

  • Punya uang? Bisa aja transfer ke nomor rekening: BCA 145-003-1808 AN. YULAIKA WIDHIASTUTI. Mohon maaf, kami masih menggunakan rekening volunteer karena belum memiliki rekening a.n Organisasi, namun kami bisa pastikan bantuan kakak-kakak akan kami belikan langsung berupa buku sesuai kebutuhan adik-adik kita.
  • Gak punya uang? Punya tenaga, dong. Yuk gabung ke #BukuBerkaki jalan-jalan dari panti ke panti. Suka dongeng dan anak-anak? Wah ini ciamik banget. Mereka pasti seneng deh kalian kunjungi. Anak yatim piatu itu anaknya semua orang, wajar kan kalo kita tengokin dan main sama mereka.
  • Gak punya tenaga? Punya waktu, dong. Yuk bantu broadcast para krucil (penggiat #BukuBerkaki) di Twitter atau Facebook tiap ada tagar #BukuBerkaki atau follow @BukuBerkaki dan pantau terus timeline-ya lalu sebar infonya.

Siapa aja yang bisa ikut gerakan #BukuBerkaki?

Siapapun yang niatnya sama dengan tujuan gerakan ini tanpa diembel-embeli kepentingan lain (partai politik, penyebaran agama, dll).

Jadi, sayang kan kalo niat baik nggak disegerakan diwujudkan. Sini kami bantu.