#RabuBacaBuku: Edutivity, Warna-Warni Nusantara

Siapa sih yang tidak suka liburan? Apalagi libur (agak) panjang misalnya tahun baru 2018 kemarin. Nah, karena masih berhawa liburan, maka pilihan #RabuBacaBuku perdana adalah buku Warna Warni Nusantara karya Fitri Kurniawan dan Watiek Ideo.

Buku ini menceritakan tentang kisah pelbagai anak-anak dari latar belakang berbeda untuk mengenal budaya Indonesia dari berbagai sisi mulai dari destinasi wisata, kerajinan tangan, pakaian makanan khas, minuman dan budaya lokal setempat. Dikemas dalam gambar penuh warna yang disukai oleh pembaca anak-anak dan bisa dijadikan bahan komunikatif antara anak dan orang tua. Buku inipun dwi bahasa dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga bisa memudahkan anak untuk belajar dan berlatih Bahasa Inggris.

Salah satu cerita yang menarik yaitu tentang Elena, seorang anak asal Singapura yang berlibur ke Papua dan berteman akrab dengan Mayka, seorang anak perempuan kecil Suku Dani. “Papua memang istimewa! Seperti persahabatan Elena dan Mayka” salah satu kutipan yang damai ketika membacanya. Menanamkan sifat saling menghargai dan menghargai perbedaan memang harus dimulai dari anak-anak agar ke depan tidak adalagi konflik tentang perbedaan dan bisa menghargai perbedaan itu sendiri.

Selain cerita Elena-Mayka, buku ini menyajikan banyak cerita lainnya seperti cerita Kadek dan Saras membuat kerajinan tangan dari Bali, atau cerita Anisa yang percaya diri menggunakan baju batik. Kalau kamu, #RabuBacaBuku apa?

Leave a Reply

Required fields are marked*