Sejuta Semangat di Sekolah Jalanan

Setelah beberapa minggu terakhir kakak-kakak krucil disibukkan dengan kegiatan pindahan ke perpustakaan yang baru dan pendataan koleksi buku-bukunya ,-FYI : Perpustakaan Buku Berkaki yang baru berada di Museum Kebangkitan Nasional loh :D- beberapa waktu lalu, tepatnya hari Sabtu, 19 September 2015 akhirnya saat yang kita tunggu datang juga. Kakak- kakak krucil Buki akan kembali membawa buku-buku koleksinya untuk berjalan-jalan. Kali ini kita akan bersenang-senang dengan adik-adik TK SAAJA-PARAM, yaitu sekolah alternatif anak jalanan yang berada di Pusdiklat DKI No.7, Jakarta Selatan. Hari ini kita akan meminjamkan buku-buku bacaan anak, selain itu kita juga akan belajar mendongeng, senam sehat bersama, dan tentu akan bermain games yang seru.

Hari yang ditunggu pun akhirnya datang juga. Seperti biasa kami Geng Roker ,-sebutan untuk krucil buki yang selalu mengandalkan jasa KRL- berangkat dengan semangat yang membara. Berkat jasa aplikasi yang sedang kekinian (read : Go-Jek) kami krucil Bogor dapat mencapai TKP dengan selamat dan tidak telat (lagi). Yaaaaeaay!!! Sungguh prestasi yang luar biasa, jarak tidak akan pernah menghalangi semangat kami *apasih hehehe

Pukul 13.30 acara dimulai, adik-adik sudah berkumpul dengan antusias di ruang kelas TK SAAJA. Kurang lebih 46 murid akan ikut bersenang-senang hari ini. Mereka berkumpul dengan tertib, dengan semangat yang membara dan wajah-wajah yang ceria. Dari wajahnya seolah-olah tergambar ucapan semacam ini, “Ayoo kak, aku sudah siap untuk bermain dan bersenang-senang hari ini!!”

Acara diawali dengan pembukaan, kemudian perkenalan dari kakak-kakak krucil Buku Berkaki yang berjumlah sekitar 20 orang. Selanjutnya kita kobarkan semangat dengan meneriakkan yel-yel TK SAAJA, kurang-lebih seperti inilah yel-yel nya :

SAAJA ….

Aku… anak SAAJA,

Rajin Berdo’a

Rajin Belajar

Sayang semua

SAAJA…SAAJA..yeess!!! ūüėÄ

Mereka begitu bersemangat meneriakkan yel-yel tersebut, kompak, dan yang pasti mereka tertib dan disiplin. Dan sebenarnya masih banyak lagi yel-yel semangat yang lain dari TK SAAJA. Lain waktu akan ditulis yel-yel kece yang lainnya deh.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis pinjaman buku-buku bacaan anak dari Buku berkaki yang diwakili oleh Kak Icha kepada perwakilan pengurus TK SAAJA. Selain buku bacaan, ada juga buku dongeng dan ensiklopedia anak yang sangat menarik. Besar harapan kami agar buku-buku tersebut bermanfaat dan mampu meningkatkan minat baca adik-adik TK SAAJA.

Dengan semangat yang masih menggebu-gebu, acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk kegiatan Read Out Loud, yaitu pembacaan dongeng oleh kakak-kakak kruci Buku Berkaki. Adik-adik dibagi menjadi 6 kelompok, dengan masing-masing kelompok didampingi oleh 2-3 tiga orang kakak krucil. Tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan nilai-nilai moral melalui dongeng yang menarik dan melatih keberanian adik-adik untuk menceritakan kembali isi dari dongeng yang telah dibacakan di depan teman-teman yang lain. Dan yang pasti akan ada hadiah menarik untuk adik-adik yang berani menceritakan kembali isi dari dongeng tersebut.

ilustrasi-saaja1

Saya bersama kak Kadek dan Kak Bowo menjadi pendamping dari kelompok 6. Kak Kadek membacakan sebuah dongeng tentang Dunia Peri yang berisi pesan tentang menjaga lingkungan. Adik-adik sangat antusias mendengarkan dongeng yang dibacakan, terlebih lagi buku dongeng tersebut dilengkapi dengan gambar yang menarik. Wah.. asyik sekali membaca dongeng bersama dengan teman-teman. Kemudian dua anak dari kelompok 6 menyampaikan kembali isi dongeng tersebut di depan teman-teman yang lain, begitupun dengan kelompok-kelompok yang lain.

Setelah minum dan istirahat sebentar, acara kemudian dilanjutkan dengan Senam SKJ (Senam Kecil-kecil Juara) bersama Kak Cut. Adik-adik dan kakak-kakak krucil berbaris dengan rapi dan siap untuk mengikuti gerakan dari sang instruktur. Berbagai gerakan senam bahkan pose diikuti oleh adik-adik dengan semangat dan penuh canda tawa. Beberapa perwakilan dari mereka bahkan berani memperagakan gerakan senam di depan kita semua. Benar-benar dapat paket komplit deh visit Buki kali ini, selain bersenang-senang dapat bonus sehat dan bakar kalori gratis. Hehehe.

Semangat dari adik-adik TK SAAJA ini memang tidak ada habisnya, setelah senam bersama acara dilanjutkan dengan permainan seru yaitu Games “Pilih Warnamu”. Setiap kelompok disediakan sejumlah lego warna-warni. Tugas dari masing-masing anggota kelompok adalah memindahkan lego tersebut ke wadah-wadah yang sudah disediakan sesuai dengan warnanya. Terlihat mudah memang, namun untuk memindahkannya mereka harus menggunakan sumpit dengan waktu sekitar 20 detik untuk masing-masing orang. Pemenang permainan ini ditentukan dengan jumlah lego terbanyak yang dapat dipindahkan dengan warna yang tepat. Adik-adik sangat bersemangat dan mereka saling berlomba untuk menjadi juara. Kelompok 6 menjadi juara 2 dengan perolehan 19 lego, berbeda 3 poin dengan kelompok 5 yang keluar sebagai juara 1. Melalui permainan kreatif ini, selain diajarkan tentang warna mereka juga dilatih bekerjasama dalam tim serta mampu bersikap sportif dalam perlombaan.

Acara terakhir adalah penutupan dan penyampaian kesan dari pengurus TK SAAJA, yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian bingkisan kepada adik-adik dan berfoto bersama. Bahagia rasanya melihat senyum keceriaan di wajah adik-adik TK SAAJA. Semoga acara bersenang-senang kita bermanfaat. Jangan lupa, harus rajin membaca buku ya, anak-anak sholeh.

Tonton video keseruannya, yuk.

**