#VisitBuki Biasakan Menabung Biar Hidup Jadi Untung

Bisa bergabung menjadi krucil Buku Berkaki (Buki) adalah hal yang sangat menyenangkan. Bertemu dengan teman-teman pencinta buku, berkumpul di perpustakaan Buki (terletak di Museum Kebangkitan Nasional) dan ikut serta #VisitBuki setiap satu bahkan dua kali dalam sebulan. Kegiatan Buki menjadi sweet escape dari rutinitas sehari-hari yang terkadang menjenuhkan.

#VisitBuki kali ini berkolaborasi dengan Rumah Belajar Indocharity (RumBel Ichi) yang terletak di Jl. Binawarga Kalibata (PAUD Bina Ceria). Pada hari Senin-Jumat PAUD Bina Ceria disibukkan oleh adik-adik PAUD, sedangkan weekend diisi oleh kegiatan dari RumBel Ichi dan pesertanya adalah adik-adik yang tinggal disekitar Jl. Binawarga Kalibata. Nah tema #VisitBuki kali ini mengajak adik-adik bermain sambil belajar menabung.

//platform.twitter.com/widgets.js

Hari sebelumnya Kak Ryan dan Kak Imam sudah menyiapkan buku-buku yang akan dirolling ke RumBel Ichi. Pada hari H persiapan dilakukan oleh Kak Fadhlie, Kak Tiwy, Kak Bunga dan Kak Siti. Sembari menunggu persiapan kegiatan selesai, adik-adik diajak membaca buku. Mereka sangat antusias. Karena terletak disamping kali Ciliwung, sedih sekali rasanya ketika mendengar cerita bahwa RumBel Ichi rutin banjir. Menyimpan buku-buku disana juga tidak bisa terealisasikan karena (rutin) banjir. Namun, ada warga yang bersedia menyimpan buku-buku bacaan di rumahnya sehingga adik-adik tetap bisa membaca setiap minggunya.

//platform.twitter.com/widgets.js

Pembacaan surat Al-Fatihah dipimpin adik Rafa dan Rafi untuk memulai acara #Visit Buki kali ini, walaupun dengan malu-malu, kita semua tetap khidmat membaca doa. Adik-adik RumBel Ichi sudah berkumpul semua dan kegiatan membaca bersama dimulai. Siapa yang berani bercerita di depan teman-teman akan mendapatkan hadiah. Adik Ocha, Rafa dan Rafi yang paling bersemangat mendapatkan hadiahnya, satu persatu mereka maju ke depan bercerita tentang buku yang sudah dibaca.

//platform.twitter.com/widgets.js

Kak Fadhlie, Kak Tiwy, Kak Bunga dan Kak Siti memimpin adik-adik berjoget bersama untuk menambah semangat, diiringi lagu Menabung yang dinyanyikan Saskia, Geofanny dan Titiek Puspa. Semua riang gembira mengikuti gerakan sambil bernyanyi “Bang bing bung… Yuk kita nabung… Tang ting tung hey jangan dihitung… Tau tau kita nanti dapat untung”. Tidak hanya berjoget bersama tetapi lagu ini juga memiliki pesan terselip untuk adik-adik agar rajin menabung.

//platform.twitter.com/widgets.js

Kegiatan selanjutnya berhitung satu hingga lima untuk pembagian kelompok games. Gamesnya adalah membuat celengan atau tabungan dengan bentuk-bentuk yang lucu dari botol air mineral bekas dan kain flanel. Sebagai contoh, kakak krucil membuat celengan berbentuk ondel-ondel Abang Jakarta. Saat pembagian bahan-bahan adik-adik sangat bersemangat memilih warna kain yang akan mereka buat untuk berkreasi, kakak-kakak krucil tidak mau kalah andil meramaikan suasana. Gamesnya seperti perlombaan, semua ingin membuat celengan yang terbaik. Ramai dan seru sekali suasana saat itu. Kelompok satu dibantu Kak Siti, Kak Ocha dan Kak Nugi membuat celengan Macan. Kelompok dua dibantu Kak Shinta dan Kak Husna membuat celengan Tentara. Kelompok tiga dibantu Kak Icha dan Kak Tya membuat celengan Kucing. Kelompok empat dibantu Kak Deni membuat celengan Trenggiling. Kelompok lima dibantu Kak Bunga, Kak Alin dan Kak Dani membuat celengan Princess. Pemenang dinilai dari tepuk tangan paling ramai dan pemenang games kali ini adalah kelompok dua. Adik-adik dari kelompok dua mendapat hadiah, walaupun hanya satu kelompok yang mendapat hadiah sebagai pemenang tetapi adik-adik lainnya tetap riang gembira melihat celengan yang mereka buat bersama-sama.

//platform.twitter.com/widgets.js

Pas sekali waktunya, RumBel Ichi ternyata Ramadhan nanti memiliki rencana untuk membantu adik-adik yang tidak mampu dari tabungan mereka. Celengan yang mereka buat tadi bisa dipergunakan deh! Semoga semakin semangat ya menabungnya! Buki juga memiliki tabungan, namun tabungan membaca. Sebagai tabungan, buku yang sudah dibaca, adik-adik rangkuman ceritanya disecarik kertas yang telah disediakan Buki. Nanti kakak-kakak krucil akan ambil saat penukaran buku selanjutnya.
Pembacaan surat Al-Ashr dipimpin adik Rafa dan Rafi untuk menutup acara #VisitBuki kali ini. Semoga dengan mengajak adik-adik membuat kreasi celengan dapat menjadi awal untuk meningkatkan minat dan rajin menabung.
Jika ada waktu luang, kakak-kakak RumBel Ichi membuka pintu lebar untuk kita semua berkunjung ke RumBel Ichi dihari Minggu loh. Jangan lupa juga untuk mampir ke perpustakaan Buki dihari Sabtu ya! Sampai jumpa di #VisitBuki selanjutnya! (F)

When a book walks, a dream works.