Kolaborasi Pendidikan Jeng Buku

Berbekal pengalaman setiap kunjungan ke panti asuhan, lapak pemulung, dan rumah singgah, Buki menyadari betapa pentingnya sebuah kolaborasi. Teranyar, Buki melakukannya bersama Charity of Children Education (CCE) di lapak pemulung yang ada di bilangan Kebagusan, Jakarta Selatan. Di sana kita berbagi tugas. Buki merangsang minat baca dengan koleksi bukunya, sedangkan CCE membantu meningatkan kecerdasan emosi adik-adik. “Mereka memang spesialis dalam pengendalian anak,” terang Kak Ryal, salah satu relawan senior CCE.

Bukan hanya pada saat kunjungan, program seperti Buku Untuk Indonesia pun kolaborasi kelap dilakukan Buki. Sebut saja dengan Trans 7 melalui acara Si Bolangnya yang mengirimkan paket ke Dusun Segenter, Bayan, Lombok Utara. Sebelumnya ada juga kolaborasi pengiriman dengan komunitas foto yang mengirimkan buku ke Pondok Ngasag di Banten. Atau dengan Charity In Unity yang mempaketkan buku ke Pulau Sumba.

buki_jengbuku

Selain bersinergi, kolaborasi juga sangat penting untuk nge-branding sebuah komunitas. Publik bisa mengetahui  segala hal, mulai dari visi misi, aneka kegiatan, jadwal, sasaran yang dituju, dan program-program yang akan dijalankan ke depannya. Dan secara tak langsung, dengan kolaborasi pula Buki pun dikenal lebih luas. Dari situ pula lahir Krucil-krucil baru.

Nah, di bulan Juni ini yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan, Buki bergandengan dengan beberapa komunitas menggelar program Jeng Buku, akronim dari Jualan Demi Ongkir Buku. Acara ini bertujuan mengumpulkan donasi untuk pengiriman buku ke daerah terpencil. Komunitas yang terlibat antara lain Hibah Buku, SAJUBU, Buku Bagi NTT, Sagu Maluku, Komunitas Filantropi, Blogfam, dan Sekolah Raya. Kami pun berhimpun dalam satu wadah yang disebut KORSI (Komunitas Beraksi).

Puncak program Jeng Buku ini akan diadakan pada tanggal 4 Juli di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Dalam kegiatan tersebut akan banyak acara yang digelar, seperti Lapak Melodi, Lapak Donasi, Lapak Dibuang Sayang, dan tentu saja Lapak Baca.

Untuk Lapak Dibuang Sayang, donasi dapat berupa pakaian, aksesoris, tas, sepatu dan beberapa barang bekas layak pakai sudah bisa didaftarkan sekarang. Nanti hasil penjualannya akan digunakan untuk pengiriman buku ke daerah-daerah terpencil.

Yuk, tunggu apalagi? Turut serta di kegiatan seru ini!