Serunya Visit Buki di Hari Kartini

Saya memilih untuk ikut bergabung dengan komunitas Bukuberkaki, sebuah komunitas yang concern terhadap minat baca khususnya pada anak-anak, hal ini membuat saya tertarik karena angka minat baca untuk Indonesia masih sangat kurang. Bukuberkaki mempunyai agenda rutin bernama Visit Buki, yaitu mengunjungi RumBel atau komunitas seperti Rumbel Ichi, HORE, Missil3 dan lain sebagainya. Kegiatan Visit Buki adalah mendampingi adik-adik membaca, membuat adik-adik percaya diri untuk menceritakan kembali buku yang sudah mereka baca, mendongeng, dan juga rolling buku yang ada dengan buku baru.

Nah, tanggal 21 April ini Bukuberkaki mengunjungi RumBel HORE yang terletak di Kampung Guji Baru, Duri Kepa, Jakarta Barat. Dan tema visit kali ini adalah Hari Kartini, acara tetap dibuka dengan membaca buku cerita didampingi kakak-kakak Krucil dan menceritakan kembali buku yang tadi mereka baca. Kemudian dilanjutkan dengan mengajak adik-adik HORE untuk menonton Biography dari Ibu Kartini, bercerita tentang bagaimana Ibu Kartini menjadi Pahlawan Indonesia khususnya pendidikan di Indonesia bagi kaum perempuan, dan menuliskan kesan dan hal yang mereka tahu tentang Ibu Kartini.

Mereka diberikan selembar kertas untuk menuliskan segala hal tentang Ibu Kartini setelah menonton Film singkat Biography Kartini. Dan adik-adik yang berani diminta maju ke depan untuk mengugkapkan apa yang mereka tahu di depan adik-adik lainnya. Hal tersebut sangat bagus menurut saya, karena kepercayaan diri harus dipupuk sejak dini, kita harus berani menyampaikan pendapat dan ide-ide yang ada di kepala kita.

This slideshow requires JavaScript.

Acara ditutup dengan foto bersama adik-adik HORE dan kak William salah satu pendiri Komunitas HORE ini.

Bagi kalian yang ingin bergabung menjadi bagian dari komunitas Buku Berkaki (BuKi) bisa visit webnya bukuberkaki.org. Karena hakikat kita sebagai manusia adalah berguna bagi manusia lainnya, mari membangun mimpi anak-anak Indonesia untuk bisa jadi nyata.

When a book walks, a dream works