Kolaborasi di Menteng dan Lumajang

Akhir pekan kemarin, Buku Berkaki  berkegiatan di dua tempat yang berjauhan. Satu di Taman Menteng, Jakarta, dengan kegiatan Jeng Buku pada hari Sabtu, 05/04/2015 dan keesokan harinya di Lumajang yang mengadakan buka puasa bersama bareng adik-adik di Panti Asuhan Nur Maliki, Banjarwaru, Lumajang.  Dua kota yang jaraknya sekitar 900km ini sama-sama mengusung tema kolaborasi bersama komunitas lain dalam kegiatannya. Seperti diketahui, Jeng Buku merupakan kolaborasi Buki dengan 7 komunitas lainnya yang tergabung dalam wadah KORSI (Komunitas Beraksi). Sedangkan Buki Lumajang menggandeng komunitas fotografi, Jepretan Kamera Ponsel Lumajang, dalam kunjungan meminjamkan buku sekaligus buka puasa bersama adik-adik di Panti Nur Maliki.

Di Lumajang sendiri, Buki sudah beberapa kali mengadakan kegiatannya yang dikomandoi Kak Erzha, Kak Uchy, dan Kak Eko. Puluhan buku juga sudah terkumpul kemudian disebar ke adik-adik di beberapa Panti Asuhan dan akan terus bergerak lagi menjangkau adik-adik lainnya yang ada di Lumajang.

Harus diakui, selama ini donasi buku memang kebanyakan diterima oleh komunitas yang bermarkas di kota-kota besar, sementara di daerah pelosok Indonesia banyak anak-anak yang haus akan ilmu dan bacaan bagus. Jangankan ensiklopedia bergambar dengan sampul tebal dan halaman penuh warna, buku pelajaran pun mereka akan baca dengan penuh semangat. Karenanya untuk membagikan buku-buku dari para donatur ke anak-anak Indonesia yang membutuhkan, selain bekerja sama dengan komunitas lain yang mengunjungi adik-adik di daerah tertentu, buku-buku tersebut dikirim lewat pos. Sayang ongkos kirim yang besar membuat jangkauan pengiriman nggak bisa terlalu jauh dan sering. Tahun lalu, Buki merasakan sendiri bagaimana repotnya ongkos kirim saat menangani pengiriman langsung lewat pos ke Papua, Maluku, NTT, dan daerah lainnya.

jengbuku_menteng

Karena itulah diadakan acara #JengBuku pada hari Sabtu kemarin yang alhamdulillah berjalan lancar. Di sana, selain ‘Lapak Dibuang Sayang’ yang seratus persen hasilnya didarmakan untuk pengiriman buku ke pelosok Indonesia, acara ini juga makin seru dengan hadirnya perpustakaan keliling dan mainan kreatif wayang angkrek. Selain itu hadir pula komunitas Kamera Lubang Jarum dan dongeng Ramadan Rimba bersama Kak Rian Hamzah dari PKPU.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya dua kegiatan Buki pekan kemarin, baik yang di Jakarta maupun di Lumajang. Semoga kolaborasi seperti ini terus berkelanjutan!

When a book walks, a dream works.